TBS Sawit Melemah Lagi, Segini Harga Hari Ini

Seorang pekerja di salah satu gudang sawit di Kuala Batee, Aceh Barat Daya sedang menuangkan brondolan sawit dari dalam goni untuk dikumpulkan dan kemudian dimuat dalam truk sebelum diangkut ke Medan, Sumatra Utara, untuk dijual, Mingggu (26/06/2022). ANTARAN / SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE –Harga Tandan Buah Segara (TBS) kepala sawit di Aceh Barat Daya (Abdya), yang sempat bertahan selama satu pekan lebih, pada kisaran Rp 650/kg hingga Rp 700/kg di tingkat petani. Kini, harganya kembali melemah rata-rata mencapai Rp 30/kg, Selasa (05/07/2022) pagi.

Bahri, seorang pedagang TBS sawit di Abdya kepada antarannews.com, Selasa pagi, membenarkan harga TBS kelapa sawit mengalami penurunan sebsar Rp 30/kg, yaitu turun dari harga Rp 650/kg – Rp 700/kg menjadi Rp 620/kg – Rp 670/kg di tingkat petani.

Baca Juga:  Satlantas Polres Abdya Bagikan Nasi ke Abang Becak

Melemahnya pasaran sawit ini, katanya, karena harga pembelian di pabrik pengolahan minyak kepala sawit (PMKS) turun dari Rp 1.000/kg menjadi Rp 970/kg.

“Kalau harga pabrik turun, kami juga terpaksa menurunkan harga pembelian di petani. Kan tidak mungkin kami dengan harga tinggi, sementara pabrik membeli pada kami dengan harga murah,” katanya.

Kondisi harga sawit yang terus melemah ini, memang telah membuat petani mengalami pukulan berat. Terutama, mereka petani kecil yang hanya bergantung pada penghasilan kebun sawit.

Baca Juga:  Sejumlah Rekomendasi DPRK Untuk Wali Kota Diapresiasi

“Nyo memang kaparah hudep kamoe meunyo lagee yum sawet ditren laju (Ini memang sudah parah hidup kami kalau harga sawit terun terus),” keluh Dollah salah seorang petani kecil di Abdya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.