Terhadap Rezeki, Syukuri dan Mohon Ampun Kepada Allah SWT

USTAZ Armansyah Batubara, S.PdI menyampaikan Khutbah Id Adha. ANTARAN / Khairul
Bagikan:

“Terhadap banyaknya rezeki yang Allah berikan kepada setiap manusia maka dua hal yang Allah minta, yakni memuji dan mohon ampun,” tegas Armansyah menyetir Al lquran Surat An Nashr.

Jurnalis : Khairul

ANTARAN|SUBULUSSALAM – Terkait rezeki, manusia harus mensyukuri dengan memuji dan memohon ampun kepada Allah, karena Allah Maha Pengampun penerima taubat.

Demikian antara Khutbah Idul Adha, Ustaz Armansyah Batubara, S.PdI di Masjid Al Iman, Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Senin (17/06/2024).

Dikatakan, tak ada kata terindah yang diucapkan di pagi hari Idul Adha, kecuali alhamdulillah atas segala nikmat iman dan Islam yang Allah berikan. Kemenangan bagi umat Islam, Hari Raya Idul Adha, momen memuji dan mengagungkan asma Allah SWT.

Baca Juga:  Masuk Hari Kampanye, Ribuan Masyarakat Padati Kantor DPC PPP Nagan Raya

“Terhadap banyaknya rezeki yang Allah berikan kepada setiap manusia maka dua hal yang Allah minta, yakni memuji dan mohon ampun,” tegas Armansyah menyetir Al lquran Surat An Nashr.

Ditegaskan, Allah tidak meminta membayar atas semua rezeki itu karena jangankan membayarnya, menghitungnya sajapun tidak ada orang yang mampu.

Dikatakan, menyembelih hewan kurban adalah ibadah terbaik usai melaksanakan shalat sunat Idil Adha yang waktunya hingga hari ketiga, Hari Tasyrik.

Baca Juga:  Harga Sawit Kembali Turun, Petani Abdya Minta Pemerintah Lakukan Pemantauan

Karenanya, kaum muslimin yang punya rezeki dianjurkan berkurban dan waktunya tak hanya 10 Zulhijjah tetapi termasuk selama hari tasyrik, yakni 11 s/d 13 Zulhijjah atau 18 s/d 20 Juni 2024. Hari tasyrik, masa untuk menyembelih hewan kurban dan diharamkan berpuasa pada masa itu.

Sementara anjuran menunaikan puasa Sunah Tarwiyah (hari: Sabtu dan atau Arafah, hari Minggu lalu) karena imbalannya dihapus dosa dua tahun. “Orang yang berpuasa Sunat Tarwiyah dan Arafah diampunkan Allah dosanya selama dua tahun, setahun yang akan datang dan setahun lalu,” jelas Arman, menyetir pesan Rasulullah SAW.

Baca Juga:  Aktif Dampingi Rekanan, Pemerintah Aceh Apresiasi Ketua FASI Bener Meriah

Da’i Perbatasan Provinsi, dengan wilayah kerja Kampong Jontor ini mengingatkan jamaah, bahwa tidak ada jaminan bagi siapapun akan berjumpa dengan Tarwiyah, Arafah, melaksanakan puasa atau shalat Id tahun depan.

“Maka patut disyukuri, hari ini kita dapat rezeki, bisa shalat sunat Idul Adha dan melaksanakan rangkaian amalan sunat di bulan ini,” tegasnya, ingatkan jamaah untuk senantiasa memperbanyak shalawat agar kelak mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

Usai shalat Id, seperti dilaporkan Pengurus Masjid Al Iman dilakukan penyembelihan dua ekor sapi dan lima ekor kambing di area masjid itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.