Terkait Harga TBS di Singki Berbeda-beda,Tergantung Ketentuan Pabrik

Bagikan:

Sejumlah pihak pabrik PKS di Aceh Singkil yang dikonfirmasi antarannews, Senin (23/5/2022) sejak pagi hingga siang tadi, mengakui kalau harga beli TBS petani memang tidak ada yang sama.

ANTARANNEWS.COM, ACEH SINGKIL – Persoalan harga pembelian tanda buah segar (TBS) kepala sawit di Aceh Singkil yang tidak berbeda-beda pada setiap pabrik pengolahan kepala sawit (PKS) belakangan ini, sangat tergantung dari ketentuan pihak pabrik.

Sejumlah pihak pabrik PKS di Aceh Singkil yang dikonfirmasi antarannews, Senin (23/5/2022) sejak pagi hingga siang tadi, mengakui kalau harga beli TBS petani memang tidak ada yang sama. “Pabrik kami saat ini masih membeli sawit petani dengan harga Rp 1.780/kg,” ungkap Humas PKS PT PLB, Teguh.

Baca Juga:  Meriahkan HUT-RI ke-78, Warga Desa Blang Dalam Susoh Antusias Ikuti Ragam Perlombaan

Kebiasaannya, lanjut Teguh, selama ini hampir setiap pekan ada terjadi perubahan harga, baik harganya naik maupun turun. “Kalau ada terjadi perubahan harga kami langsung meberitahu kepada para supplier (pemasok) TBS. Terkait harga tersebut merupakan keputusan kantor pusat kami,” katanya.

Secara terpisah, Humas PT SSM Suro Makmur, Sudarsono mengakui, kalau harga pembelian TBS di perusahaannya saat ini Rp 1.900/kg. “Mengenai adanya perbedaan harga setiap perusahaan, karena memang kebijakannya tidak sama,” Sudarsono.

Baca Juga:  Besok, Sekretariat Bersama Jurnalis Aceh Barat Dikukuhkan

“Kita beli TBS milik petani tentu sesuai kualitasnya. Kalau kualitas bagus yang kita beli dengan harga tinggi. Bahkan, TBS yang kuning telur juga kita beli, tentu dengan harga sesuai standarnya,” jelas Sudarson Yang intinya PT SSM tetap membantu dengan menampung TBS petani, kata Sudarsono.

“Bahkan harga TBS setiap minggunya ada terjadi perubahan. Malah diperkirakan dalam waktu dekat kemungkinan akan terjadi kenaikan, karena pemerintah sudah membuka kembali kran ekspor CPO dan turunannya. Meskipun begitu kita tetap akan menunggu keputusan pimpinan perusahaan,” katanya.

Baca Juga:  Banjir Rendam 4 Kute di Aceh Tenggara

Selain itu, PKS PT Nafasindo melalui Manager Agronomi, Malik mengatakan, bahwa harga pembelian TBS petani dari perusahaannya saat ini berkisar Rp 2.000/kg. “Harga TBS kemungkinan akan naik dengan dibukanya kran ekspor CPO dan turunannya oleh pemerintah sejak hari ini, Senin (23/5/2022) maka saya perkirakan harga TBS akan naik,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.