Terkait Jembatan Padang Kawa Penyebab Banjir, Ini Pernjelasan Kadis PUPR Abdya

Kadis PUPR, Alfian Liswandar ST.
Bagikan:

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat Daya (Abdya), Alfian Liswandar ST mengakui sudah mendapat laporan terkait pilar tengah jembatan Padang Kawa, Kecamatan Tangan-Tangan, yang selama ini disinyalir penyebab terjadinya banjir luapan disekitar kawasan perkampungan penduduk setempat.

“Maka untuk itu, kita sudah memasukan dalam rencana kerja (Renja) 2023 untuk pembangunan baru jembatan Padang Kawa. Kalau pilarnya penyebab banjir solusi satu-satunya harus kita bangun baru jembatan itu dengan tidak menggunakan pilar tengah lagi,” kata Kadis PUPR, Alfian Liswandar ST kepada antarannews.com, Selasa (28/06/2022).

Menurut Aan — sapaan akrab Alfian Liswandar ST–, jembatan Padang Kawa saat ini sudah berusia puluhan tahun yang dibangun ketika Abdya belum dimekarkan dari Aceh Selatan.

Baca Juga:  Tangani Kerusakan Jalan, Gayo Lues Butuh Alat Berat

“Kalau kita lihat usianya memang jembatan itu sudah layak direhab total. Bahkan, abudment (kepala jembatan) kedua sisi juga sudah mulai rusak. Apalagi ada masalah pada pilar tengah yang diduga penyebab banjir, maka sudah sewajarnya kita usulkan untuk pembangunan baru,” ujarnya.

Bagaimana bentuk pembangunan baru tampa pilar tengah jembatan itu, lanjut Kadis PUPR, sangat tergantung hasil redesign yang akan dilakukan nantinya. Yang jelas, lanjutnya, tidak akan menggunakan lagi pilar tengah untuk pembangunan baru jembatan tersebut.

Baca Juga:  Susun Blueprint Pasca Bencana, Pj Bupati Aceh Selatan Audiensi dengan Rektor Unsyiah

Sehingga, persoalan banjir yang selama ini sering terjadi lantaran tersangkut sampah kiriman dipilar tengah, sehingga lajur arus air tertahan dan meluapnya air sungai ke perkampungan penduduk, akan teratasi.

Ishak seorang warga Tangan-Tangan secara terpisah kepada antarannews.com, Selasa petang, mengakui sangat berterimakasih atas cepat tanggapnya Kadis PUPR Abdya terhadap persoalan jembatan Padang Kawa yang selama ini telah mengakibatkan banjir di kawasan itu, karena pilar tengah jembatan itu sering tersangkut sambah bila terjadi hujan deras.

“Kadis seperti inilah yang dibutuhkan rakyat, cepat tanggap terhadap persoalan yang dihadapi warganya. Persoalan usulannya nanti itu diterima atau tidak dalam pembahasan anggaran antara eksekutif dengan legislatif di dewan, itu persoalan lain,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gubernur Aceh Bantu Dua ABK Pulang ke Aceh

Yang jelas, lanjutnya, Kadis PUPR sudah mengusulkan. Karena menurutnya, jika tidak diusulkan apa yang harus disetujui. Sebab yang selama ini terjadi kalau ada keluhan masyarakat tidak ditanggapi dan dibiarkan saja.”Kecuali masayarakat sudah menjerit baru ditanggapi. Ini kebiasaan yang kita alami selama ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi di Abdya pekan lalu, menyebabkan kawasan sekitar Padang Kawa dilanda banjir akibat luapan sungai Krueng Tangan-Tangan. Karena banyak sampah dan bongkahan rumpun bambu serta sejumlah potongan kayu tersangkut di pilar tengah jembatan Padang Kawa tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.