Terkait Teror Buaya di Krueng Itam, BKSDA Aceh Sudah Turunkan Tim

Bagikan:

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Rabu (23/02/2022) sore langsung merespon dan menurunkan Tim ke Krueng Itam Trumon untuk melakukan penanganan terhadap Buaya yang menerkam Hasanuddin (60), warga Desa Ujong Tanoh, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

“Tim BKSDA Aceh tadi sore langsung respon ke lokasi dan akan melakukan langkah untuk penanganan lebih lanjut,” kata Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh, Hadi Sofyan saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Rabu (23/02/2022) malam.

Sebelumnya, Camat Trumon, H Bahari S.IP meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk segera menurunkan tim dan mencari solusi mengatasi teror buaya yang sudah menerkam Hasanuddin (60), warga Desa Ujong Tanoh, Kecamatan Trumon saat mengambil Sayur Kangkung di Krueng Itam Trumon, Rabu (23/02/2022).

Baca Juga:  Pagi Ini, Harga Cabe di Banda Aceh Naik

“Krueng Itam Trumon ini merupakan tempat mata pencaharian warga untuk mencari nafkah seperti mencari kepiting, ikan, udang, kerang dan sayur kangkung. Karenanya saya selalu Camat Trumon sangat berharap kepada BKSDA Aceh untuk segera turun mengatasi ancaman Buaya ganas yang sudah memangsa warga tersebut,” harap Camat Trumon, H Bahari S.IP, Rabu (23/02/2022).

Menurutnya, teror buaya ganas ini tak bisa dibiarkan, karena dampaknya bisa menimbulkan banyak korban serta hilangnya mata pencaharian warga yang sebagiannya mencari nafkah di Sungai tersebut. “Kita juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di tepi Krueng Itam. Hal ini untuk menghindari serangan dari buaya ganas tersebut,” pesannya.

Baca Juga:  Sekda Aceh Selatan Bersama Anggota DPD RI Tinjau Lahan Sangketa di PT Asdal

Seperti diberitakan, Hasanuddin (60), warga Desa Ujong Tanoh, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Yuliddin Away (RSUD-YA) Tapaktuan. Pasalnya, tangan pria yang sehari – hari bekerja sebagai Petani ini putus akibat diterkam Buaya saat mengambil sayur kangkung di Krueng Itam Trumon, Rabu (23/02/2022).

“Kejadian sekira pukul 15.30 WIB, saat itu Pak Hasanuddin sedang mengambil sayur kangkung di Krueng Itam untuk dijualnya, namun tiba – tiba seekor Buaya langsung menerkamnya hingga tangan kanannya putus,” ungkap Sumardi, warga Desa Ujong Tanoh, Rabu (23/02/2022).

Menurut Sukardi, Hasanuddin bisa selamat dari serangan Buaya tersebut setelah berusaha keras melawan serangan Buaya yang diduga sudah lama mengintai mangsanya itu. “Setelah berhasil selamat dari serangan Buaya tersebut, Pak Hasanuddin naik ke darat tepatnya dipinggir jembatan Krueng Itam dan meminta bantuan warga,” ungkap Sumardi.

Baca Juga:  Ketua PWI Lhokseumawe Serahkan Hewan Qurban untuk Jada dan Wartawan

Warga yang mendengar Hasanuddin meminta bantuan langsung menghampiri korban dan mengevakuasinya ke Puskesmas setempat. Setelah sempat menjalani perawatan di Puskesmas setempat kemudian Hasanuddin di rujuk ke RSUD-YA Tapaktuan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi di Krueng Itam. Sebelumnya tidak pernah ada Buaya di Krueng Itam ini. Karenanya, kami meminta BKSDA Aceh untuk segera menurunkan tim menangkap Buaya di Krueng Itam ini,” harap Sumardi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.