Tiga Anak Keracunan Makanan, Pj Bupati Abdya Ingatkan Orang Tua

BESUK : Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd MM bersama Ketua TP PKK Abdya, Ny Zulhijjah Darmansah, Senin (12/12/2022) membesuk tiga anak keracunan makanan yang sedang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Peukan (RSUDTP) Abdya. ANTARANNEWS.COM / AGUS
Bagikan:

“Saya berharap orang tua agar selalu memperhatikan jajanan yang dibeli oleh anak-anaknya, sehingga mereka bisa memilih mana jajanan yang bisa di konsumsi atau tidak, demi pertumbuhan dan kesehatan mereka,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM bersama Ketua TP PKK Abdya, Ny Zulhijjah Darmansah, membesuk tiga anak keracunan makanan yang sedang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Peukan (RSUDTP) Abdya, Senin (12/12/2022).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati berpesan kepada para orang tua untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan makanan atau jajanan yang dibeli serta dikonsumsi oleh anak-anak. Menurutnya, peran orang tua sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas anak.

Baca Juga:  Sekda Aceh Selatan Lepas Kontingen POPDA XVI

“Saya berharap orang tua agar selalu memperhatikan jajanan yang dibeli oleh anak-anaknya, sehingga mereka bisa memilih mana jajanan yang bisa di konsumsi atau tidak, demi pertumbuhan dan kesehatan mereka,” ujarnya.

Dia juga meminta para guru di sekolah untuk memperhatikan jajanan yang dijual di kantin-kantin sekolah. Guru juga dapat memperhatikan para penjual jajanan di sekolah.

Akan hal itu dia mendorong agar orang tua mempersiapkan bekal bagi anak-anak mereka saat ke sekolah. Sehingga anak-anak tidak jajan sembarangan.

Baca Juga:  Penghujung Musim Panen, Harga Gabah di Abdya Bertahan Rp 5.300 per kg

Ditambahkannya, para pedagang juga diminta agar memperhatikan jajanan yang dijual di kios masing-masing, terutama jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak.

“Perhatikan labelnya, izinnya, kandungan makanannya, termasuk tanggal produksinya, sehingga jajanan yang dijual tidak menimbulkan masalah kepada pembeli. Kalau ada makanan yang sudah kedaluarsa, segera di pisahkan dan jangan dijual lagi. Begitu juga makanan-makanan yang tidak memiliki produk yang jelas, harap jangan diperjualbelikan,” pintanya.

Seperti diketahui, tiga anak asal Kecamatan Kuala Batee, Abdya diduga keracunan setelah mengkonsumsi jajanan jenis coklat pada Jumat (9/12/2022) lalu. Ketiga anak tersebut, yakni CZ (7), WZ (4), dan SA (3).

Baca Juga:  Pemilu tahun 2024 Tinggal Menghitung Hari, Disdukcapil Simeulue Laksanakan Programkan Jemput Bolah

Sementara itu, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, SH SIK MH melalui Kasat Reskrim Iptu Rifki Muslim mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 21.00 wib.

Disebutkannya, awalnya, ketiga korban membeli jajanan jenis coklat di salah satu kios yang tidak jauh dari rumahnya. Setelah itu, sekitar pukul 22.00 WIB ketiganya pulang ke rumah. Sampai di rumah, mereka muntah-muntah usai memakan jajanan jenis coklat itu.

“Mengetahui anaknya keracunan, orang tua anak tersebut langsung melarikan ketiga korban ke Puskesmas Kuala Bate. Kemudian, setelah mendapatkan perawatan medis, para korban di rujuk ke RSUDTP Abdya,” demikian katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.