Tingkatkan Kualitas Prajurit, Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter

Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan dan Kemampuan Teritorial Aparat Komando Kewilayahan (Binsiap dan Puanter Apkowil) semester I Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan, Kamis (31/03/2022). IST
Bagikan:

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan dan Kemampuan Teritorial Aparat Komando Kewilayahan (Binsiap dan Puanter Apkowil) semester I Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan, Kamis (31/03/2022).

Acara tersebut dibuka oleh Dandim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf M Yusuf, S.I.Kom yang diwakili oleh Kapten Arh Rahman. Turut juga berhadir para Perwira Staf Kodim dan peserta kegiatan yaitu para Danramil, Danposramil serta personil Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan.

Dandim Aceh Selatan dalam amanatnya yang dibacakan Kapten Inf Rahman mengatakan bahwa, Binsiap Apkowil dan Puanter harus selalu ditingkatkan melalui pembinaan secara berkelanjutan.

Sehingga diharapkan dapat mewujudkan kemampuan prajurit khususnya dijajaran Kodim 0107/Aceh Selatan yang handal dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah tanggung jawabnya.

“Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang RI No 34 Tahun 2004 pasal 8 menyatakan bahawa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisaikan melalui pembinaan teritorial,”sebutnya.

Baca Juga:  AMARAH Apresiasi Majelis Hakim, Desak Jaksa Proses Tersangka Baru Kasus SPPD Fiktif Simeulue

TNI AD sebagai bagian dari Tentara Nasional indonesia (TNI), lanjutnya, dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam penyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

“Maka, untuk mencapai tujuan yang dimaksud, kegiatan ini juga di isi dengan materi sikap teritorial, lima kemampuan teritorial dan 3 metode binter, yang bertujuan untuk meningkatkan memberdayakan wilayah, menyiapkan segala sesuatu agar dijadikan sebagai pendukung pertahanan Negara di darat serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” paparnya.

Masih dalam amanat Dandim Aceh Selatan, jati diri TNI selain sebagai Tentara Profesional merangkap juga sebagai Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Rakyat yang mengamanatkan bahwa dalam kiprah pengabdiannya senantiasa menomorsatukan kepentingan rakyat.

Baca Juga:  Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Dandim Cup I 2023 Resmi Ditutup

“Sesuai slogan ‘Terbaik bagi rakyat, terbaik bagi TNI’ atau ‘Bersama rakyat TNI kuat, bersama TNI rakyat sejahtera’ serta sesuai slogan Kodim 0107/Aceh Selatan ‘TNI Hebat Sahabat Rakyat’ dengan terus berupaya mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai senjata ampuh yang dahsyat dalam sistem pertahanan semesta,”imbuhnya.

Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter yang dilaksanakan setiap triwulan diharapkan dapat meningkatkan kinerja sebagai aparat komando kewilayahan khususnya dijajaran Kodim 0107/Aceh Selatan.

“Ingat, bahwa menjadi seorang Babinsa memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat mulia, karena selain menjaga keutuhan wilayah NKRI, Babinsa juga harus mampu menjadi pelopor dalam peningkatan ekonomi serta membantu kesulitan rakyat,”tuturnya.

Dalam kesempatan ini juga, melalui amanat yang dibacakan Kapten Arh Rahman Dandim Aceh Selatan menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit 0107/Aceh Selatan.

Baca Juga:  Babinsa Pasie Raja dan Pemuda Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Menanam Sayur

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, diringi upaya dengan do’a dan pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit serta delapan wajib TNI sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas.

Kedua, tingkatkan dan pelihara kesiapan kemampuan sebagai aparat Kewilayahan serta mantapkan kemampuan teritorial. Ketiga, tingkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando atas agar dapat di tindak lanjuti serta pelajari kembali materi-materi lima kemampuan teritorial, sikap teritorial dan metode pembinaan teritorial.

Keempat, jadilah pelopor dalam upaya pengendalian pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah, lingkungan kerja dan kesatrian serta saat berada di ruang publik. Terakhir, tingkatkan profesionalisme individu dan satuan agar tugas terlaksana secara optimal dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.