Tuha Peut Punya Peran Penting di Gampong

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi bersama Kapolres AKBP Yudi Wiyono SIK, Dandim 0114/Aceh Jaya, Letkol TNI David Eldo dipeusijuk pimpinan Dayah Pesantren Darul Alimin, Cot Pangee, Darul Hikmah, Tgk Fauzan Azim. ANTARAN / SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

“Sebenarnya, penertiban ternak ini tidak harus melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan cukup selesai di kampung saja dengan qanun setempat. Itu lebih efektif dan efesien,” kata Pj Bupati Aceh Jaya.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Tuha Peut memiliki peran penting dan strategis di Gampong. Karena lembaga Tuha Peut merupakan lembaga legislatifnya (dewan) dalam Pemerintahan Gampong.

Demikian pernyataan itu disampaikan Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi dalam pertemuan dengan para Tuha Peut se-Kecamatan Darul Hikmah di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (28/07/2022).

Baca Juga:  Satpol PP dan WH Simeulue Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

Dengan peran peting dan trategis dimiliki Lembaga Tuha Peut tersebut, maka Pj Bupati mengingatkan para tokoh masyarakat gampong yang duduk dalam lembaga tersebut untuk berperan aktif bersama Keuchik dalam membangun gampong.

“Saya berharap Tuha Peut sebagai lembaga legislatif di gampong, banyak melahirkan qanun-qanun untuk penguatan gampong dengan mengakomodir kearifan lokal setempat. Disamping harus melakukan kontrol terhadap jalanya roda pemeirntahan gampong yang dijalankan oleh Keuchik,” pintanya.

Baca Juga:  Operator Hotel Amazing Tawarkan Empat Pola Kerja Sama Bisnis 

Misalnya, persoalan penertiban ternak. Bila itu diatur dengan qanun gampong yang muatannya sesuai dengan kearifan lokal setempat, dan kemudian dilaksana dengan konsisten.

“Sebenarnya, penertiban ternak ini tidak harus melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan cukup selesai di kampung saja dengan qanun setempat. Itu lebih efektif dan efesien,” katanya.

Begitu, juga dengan persoalan lain yang terjadi di tengah masyarakat, “Saya berharap jangan terus diajukan ke aparat kepolisian, dan coba usahakan diselesaikan di kampung terlebih dahulu.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya dan Pengusaha Tinjau Kilang Padi Modern

Kecuali, bila penyelesaian di tingkat kampung terjadi sudah kebekuan, baru kita lanjutkan ke tingkat lebih tinggi. Langkah itu pun kita ambil pada tahap paling akhir,” ujarnya.

Tentunya, semua ini bisa terwujud bila Tuha Peut bersama Keuchik sebagai kepala pemerintahan di gampong mau bergandengan tangan dalam membangun dan menjalankan roda pemerintahan.

“Kalau semua permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat bisa diselesaikan di kampung, saya kira masyarakat juga merasa nyaman dan tenang,” tandas Pj Bupati Nurdin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.