Upgrade Kompetensi Dosen dan Laboran, Prodi Teknik Pertanian USK Gelar Workshop Penelitian

Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala kembali menggelar workshop dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen dan laborannya di bidang penelitian, Selasa (26/07/2022). ANTARAN / AFFAN RAMLI
Bagikan:

“Sharing perkembangan teknologi ini sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan mutu penelitian dilingkungan Fakultas Pertanian,” ujar Yuliani.

Jurnalis : Affan Ramli

ANTARANNEWS.COM|BANDA ACEH – Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala kembali menggelar workshop dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen dan laborannya di bidang penelitian, Selasa (26/07/2022).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Dr Yusmanizar ST MT, workshop kali ini membekali kemampuan penelitian non destruktif terkait pengoperasian peralatan penelitian non destruktif seperti spectroscopy, FTIR, FTNIR, dan Raman.

“Penguasaan metode penelitian non destruktif ini sangat dibutuhkan saat ini, mengingat metode destruktif yang mulai ditinggalkan karena dianggap kurang efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun tenaga, merusak material, dan memiliki faktor bias akibat subjektifitas manusia,” paparnya.

Baca Juga:  Polres Nagan Raya Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu

Yusmanizar mengungkapkan bahwa, kegiatan ini diselenggarakan melalui kerjasama antara Prodi Teknik Pertanian USK, Perteta Aceh, dan Pusmeptan USK dengan PT. Novatech Integra Solusindo. “Untuk efektivitas penyelenggaraan, panitia membatasi peserta sebanyak 30 orang. Semuanya dari kalangan dosen dan laboran,” ujar Yusmanizar.

Hadir sebagai narasumber Sapriyanto (General Manager Novatech), Dr Maykel TE Manawan (Dosen Universitas Indonesia), Dr Agus Arip Munawar STP MSc (Dosen Universitas Syiah Kuala), dan Tiffany Khairunisa (Aplikan Novatech).

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Sudah Membayar Biaya Transportasi 4.879 KPPS

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr Yuliani Aisyah STP MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas penelitian.

“Sharing perkembangan teknologi ini sangat diperlukan untuk menunjang peningkatan mutu penelitian dilingkungan Fakultas Pertanian,” ujar Yuliani.

Yuliani juga berharap kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan lebih lanjut. Untuk itu atas nama Dekan, Yuliani menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan workshop dan atas inisiasi kerjasama yang dibina dengan pihak Novatech.

Baca Juga:  Akibat Jembatan Licin Karena Hujan, Trado dan Beko Hampir Terjun ke Sungai 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Jurusan Teknik Pertanian USK, Dr rer hort Indera Sakti Nasution STP MSc, Ketua Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (Perteta) Cabang Aceh, Dr Muhammad Idkham STP MSi, Ketua Prodi Teknik Industri Pertanian USM, Liya Fitriyana, STP, MT dan Ketua Lembaga Kajian Pembangunan Pertanian dan Lingkungan (LKPPL), Dr Muhammad Yasar STP MSc.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.