Usai Dilantik, PPS dan KPPS se-Abdya Kompak Tanam Pohon

KPPS Mata Ie, Abdya saat melakukan penanaman pohon usai di lantik. Antaran/Syamsurizal.
Bagikan:

“Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Hasyim Asy’ar.

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) serentak melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 hari ini, Kamis (25/01/2024) di masing-masing tempat.

Usai pelantikan, PPS, KPPS dan unsur pemerintah desa yang ikut hadir dalam kegiatan pelantikan ini kemudian melakukan penanaman pohon di lokasi-lokasi strategis di desa masing-masing.

Baca Juga:  Momentum Peringatan Harkannas Tahun 2022, Ini Harapan Pj Bupati Aceh Jaya

Seperti di Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten setempat, PPS, KPPS dan Keuchik Mataie, Junaidi melakukan penanaman pohon Mangga bersama.

Begitu juga di desa Suak Nibong, Kecamatan Tangan-tangan. Keuchik Adami Us bersama PPS dan KPPS melakukan penanaman pohon seusai pelantikan.

Dikutip dari sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari yang dibaca oleh PPS dalam pelantikan mengatakan bahwa, KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Baca Juga:  Setelah Kantor DPKKD Disambangi, GU Wakil Wali Kota Dicairkan Sebagian

“Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Hasyim Asy’ari dalam sambutannya.

Pada hari ini, katanya, Kamis, 25 Januari 2024, dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik. Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.

Baca Juga:  Harimau Kembali Serang Warga, Kapolres Aceh Selatan Langsung Besuk Korban

“KPU menyadari dengan tercetak
banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan,” ucapnya.

Lanjutnya, total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas. Kebutuhan tersebut dapat diganti dengan menanam 5. 709.898 bibit pohon.”Maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kilogram kertas,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.