Wah, 95 Bacaleg DPRK Gayo Lues Absen Uji Mampu Baca Alquran

Kantor KIP Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. ANTARAN/Foto Istimewa.
Bagikan:

“Dari 345 Bacaleg di Gayo Lues hanya 250 orang mengikuti uji kemampuan baca Al quran. Satu diantaranya dinyatakan tidak lulus. Selebihnya, sebanyak 95 tidak mengikuti alias absen,” ujar Ika Anggreini

Jurnalis: Fira

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Rampung verifikasi administrasi, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues melaju tahapan uji kemampuan baca Al Quran bagi 345 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di daerah setempat. Dari jumlah tersebut ternyata 95 orang tidak mengikuti tes baca Al Quran (absen).

Pantauan antaran, prosesi uji kemampuan baca Al Quran bagi Bacaleg berakhir tanggal 9 Juni 2023 yang diselenggarakan di halaman kantor KIP setempat.

Baca Juga:  Antar 25 Bacaleg, Demokrat Abdya Optimis Mampu Pertahankan Kursi Pimpinan DPRK

Komisioner KIP Gayo Lues bidang uji kemampuan baca Al Quran, Ika Anggraeni kepada media ini menyampaikan, pihaknya belum tau secara pasti alasan 95 Bacaleg dari berbagai partai politik tidak hadir untuk mengikuti tahapan tes baca Al Quran.

“Dari 345 Bacaleg di Gayo Lues hanya 250 orang mengikuti uji kemampuan baca Al quran. Satu diantaranya dinyatakan tidak lulus, sementara 245 mampu baca Al quran. Selebihnya, sebanyak 95 tidak mengikuti alias absen,” ujar Ika Anggreini saat dikonfirmasi, Rabu (14/6/2023).

Tahapan uji kemampuan baca Al quran salah satu syarat untuk mendaftar sebagai Bacaleg di bumi Aceh sesuai Qanun Syariat Islam. Namun kondisi kekinian 95 Bacaleg memilih absen.

Baca Juga:  Satu Unit Rumah Warga di Kluet Timur Terbakar

Menurut Ika Angreini, keterangan yang diperoleh sementara dari partai pengusung atas ketidak hadiran peserta diprediksikan karena cikal bakal Bacaleg berubah pikiran untuk tampil di khazanah demokrasi tahun 2024. Sehingga memilih absen uji baca Al Quran.

Kendatipun demikian, ulas Ika Anggreini, KIP masih memberi kesempatan bagi partai pengusung untuk melakukan penggantian atau mengajukan nama baru mengisi kekosongan.

“KIP masih membuka peluang dengan memberi kesempatan Uji mampu baca Al quran bagi Bacaleg yang mengikuti. Jadwal tersebut diagendakan pada 10 juli 2023 mendatang,” tegasnya.

Baca Juga:  Sukses DPRK 2009-2014, Netap Ginting Dedengkot Sawit Didaulat jadi Bacaleg Golkar

Oleh karenanya, sambung komisioner KIP, bagi partai Politik yang hendak mendaftarkan nama pengganti juga terbuka lebar kesempatan sebelum difinalkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRK Gayo Lues pada perhelatan Pemilu 2024.

Menjawab antaran tentang gugur atau tidak bagi Bacaleg yang mangkir mengikuti tahapan uji kemampuan baca Al Quran. Ika Anggreini menyebutkan, pihaknya akan mengkonfirmasi dahulu perihal itu dengan KIP Aceh.

“Kami konsultasi dulu ke KIP Aceh. Setelah mendapat jawaban akurat akan kami kabari kepada rekan-rekan media untuk dipublikasi,” tutup Ika Anggreini. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.