Warga Abdya Terseret Arus Ditemukan Mengapung Dalam Sungai

Tim gabungan sedang mengevakuasi jenazah Sudirman (60) warga Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dikabarkan hanyut terbawa arus sungai setelah ditemukan mengapung oleh warga yang ikut melakukan pencarian, Kamis (22/9/2022) sekira pukul 16.30 WIB dikawasan aliran sungai Padang Geulumpang, Kecamatan Blangpidie. Foto Dok Tagana Abdya
Bagikan:

“Korban ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa dan mengapung dalam sungai hingga dievakuasi oleh warga yang ikut mencari jasad korban. Saat ini sedang kita evakuasi ke rumah sakit untuk di visum baru kemudian dibawa ke rumah duka,” Jelasnya. 

Jurnalis : Rizal

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE-
Sudirman (60) warga Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dikabarkan hanyut terbawa arus sungai telah ditemukan mengapung oleh warga yang ikut melakukan pencarian, Kamis (22/9/2022) sekira pukul 16.30 WIB dikawasan aliran sungai Padang Geulumpang, Kecamatan Blangpidie.

Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman membenarkan penemuan korban yang dinyatakan hanyut pada Rabu (21/9) kemarin sekita pukul 16.17 WIB itu ketika sedang pulang dari kebunnya dengan menyeberangi sungai.

“Korban ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa dan mengapung dalam sungai hingga dievakuasi oleh warga yang ikut mencari jasad korban. Saat ini sedang kita evakuasi ke rumah sakit untuk di visum baru kemudian dibawa ke rumah duka,” katanya.

Baca Juga:  Minimalisir Banjir Sungai, BPBD Tutup Tanggul Jebol

Sebagaimana diketahui, Tim gabungan TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), SAR, Tagana dan RAPI hampir dua hari terus berupaya menyisir aliran sungai hingga ke muara kawasan Susoh untuk mencari korban.

Ketua Tagana Abdya Yasri Gusman kepada wartawan membenarkan, tim gabungan dari BPBK, TNI/Polri, tim SAR dan Tagana Abdya serta Basarnas Meulaboh, ikut dibantu oleh masyarakat terus melakukan upaya pencarian dengan menyisir pinggir sungai tempat kejadian hingga sampai ke muara perbatasan laut di Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh.

“Tim melakukan pencarian dengan berjalan kaki menyisir bantaran sungai. Kemudian ada juga yang menggunakan dua unit rubber boat milik Pol Airud dan milik SAR Pos Meulaboh,” terang Yasri, Kamis (22/9).

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Serahkan SK Kenaikan Pangkat PNS Golongan I, II dan III

Dari pagi hingga siang tadi, perkiraan jarak pencarian lebih kurang dua kilo meter dari titik lokasi pertama korban hanyut terbawa arus sungai hingga ke muara gampong Pulau Kayu.

Kata Yasri, menurut keterangan yang ia terima dari keuchik gampong setempat, korban pertama kali dilihat oleh saksi bernama Ikhsan (23). Saat itu, Ikhsan sedang memancing di jembatan Alue Seulaseh, tiba-tiba ia melihat ada orang hanyut di sungai tersebut.

“Melihat kejadian itu, saksi langsung melaporkan ke perangkat gampong. Setelah di cek, benar salah seorang warga atas nama Sudirman belum pulang dari kebun. Berat dugaan, orang hanyut yang dilihat saksi adalah Sudirman,” ungkap Yasri.

Baca Juga:  Pernyataan Wali Kota Gelar Musrenbang Dinilai Hanya Retorika

Lebih lanjut, Yasri menambahkan kalau korban hanyut ketika sedang menyeberangi sungai terlebih dulu untuk pulang ke rumah, karena kebun korban berada di seberang sungai.

“Info ini dicocokkan dengan berita orang hanyut tersebut, diduga korban hanyut ke sungai ketika hendak pulang dari kebun. Biasanya sungai itu airnya tidak terlalu besar, karena hujan deras pada Rabu kemaren, sehingga debit air meningkat. Begitu info sementara yang kita terima,” ujarnya.

Karena dalam pencarian malam itu belum ditemukan, sambung Yasri, maka pencarian dilanjutkan hari ini bersama tim gabungan lainnya.”Tadi pagi kita kembali melakukan pencarian lebih jauh. Kami mohon doa dari keluarga dan masyarakat Abdya agar korban cepat ditemukan,” demikian tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.