Dewan Ingatkan Musrenbang di Abdya Utamakan Program Prioritas

Anggota DPRK Abdya, Julinardi.
Bagikan:

“Sehingga menjadi lebih terarah dan singkron dengan program prioritas pembangunan Abdya, program prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat tahun 2024,” ujar Julinardi. 

Jurnalis : Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE –Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) berharap kepada pemerintah tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten untuk lebih memperhatikan usulan program pembangunan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

“Yakni usulan program prioritas yang dapat dipertimbangkan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 nantinya,” kata anggota DPRK Abdya, Julinardi kepada wartawan, Kamis (16/02/2023).

Dikatakannya, Musrenbang di tingkat desa telah usai, sekarang di tingkat kecamatan dan nantinya akan berlanjut di tingkat kabupaten. Karenanya dia berharap agar pemerintah daerah dalam hal ini SKPK agar memperhatikan program yang menjadi prioritas percepatan pembangunan di Abdya.

Baca Juga:  Gadis Kecil Penderita Bocor Jantung Diberangkatkan ke Jakarta via Bandara SIM

“Sehingga menjadi lebih terarah dan singkron dengan program prioritas pembangunan Abdya, program prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat tahun 2024,” ujar Julinardi.

Menurutnya, penyelengaraan Musrenbang ini bertujuan untuk menampung berbagai aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif serta membangun dari seluruh lapisan masyarakat atau stakeholders, berkaitan dengan kegiatan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan rencana dan prioritas pembangunan yang tertuang dalam RKPD tahun 2024.

“Dan selaraskan dengan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang difokuskan pada pemantapan struktur perekonomian yang berlandaskan keunggulan lokal yang didukung SDM yang berkualitas,” paparnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten yang dikoordinasikan oleh Bappeda.

Baca Juga:  Luapan DAS di Tanjung Raya Semakin Parah, Ini Kata Kadis PUPR Simeulue

“Musrenbang kecamatan juga tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang diusulkan melalui RPJM dan Musrenbang desa, tapi untuk menghasilkan prioritas masalah dan kegiatan yang menjadi urusan wajib pemerintah kabupaten,” jelasnya.

Politisi Hanura ini juga berharap, tujuh program prioritas pembangunan Abdya tahun 2024 diantaranya, peningkatan kualitas SDM, penguatan kehidupan demokrasi dan tata kelola pemerintah yang baik, penguatan peran UMKM dalam pengembangan produk strategis daerah dan peningkatan daya saing sektor unggulan daerah.

“Serta penanganan kasus gizi buruk dan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi, penyediaan dan penataan infrastruktur dasar pada daerah prioritas pembangunan dapat tertampung dengan baik,” harapnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Jaya Dorong Perekonomian Masyarakat Melalui Sektor Perikanan

Untuk mengusulkan program tersebut, lanjut Julinardi, masyarakat telah bersusah paya meluangkan tenaga, pikiran hingga waktu untuk mengadakan Musrenbang tingka desa dan membuat usulan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Jangan sampai setelah Musrenbang usai, apa yang pernah diusulkan dan diharapkan masyarakat tidak kunjung ada serta terealisasi, bahkan terkesan tinggal mimpi,” katanya mengingatkan.

Ia juga berharap, Musrenbang ini bisa menjadi jembatan bagi masyarakat dalam mengusulkan program yang layak serta dibutuhkan. “Intinya kembali disesuaikan dengan tujuh prioritas pembangunan dan diselaraskan dengan RPD dengan pertimbangan kemampuan keuangan daerah yang saat ini sedang dihadapkan dengan persoalan stunting,” imbuhnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.