Jumat 24 Juni 2022, Harga Brondolan Sawit Anjlok Capai 15 Persen

Brondolan sawit di salah satu gudang agen pengumpul di Keude Baro, Kuala Batee, Abdya sedang dimuat ke truk untuk diangkut ke Medan, Sumatra Utara. Foto direkam, Jumat (24/06/2022). ANTARAN / SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE-Tidak saja harga tanda buah segar (TBS) yang turun. Harga brondolan sawit juga anjlok mencapai 15 persen.

Harga brondolan (biji sawit yang rontok dari janjang) sehari sebelumnya sempat bertahan di level Rp 2.000/kg. Namun, Jumat (24/06/2022) pagi turun menjadi Rp 1.700/kg.

Rizal (40), salah seorang agen pengumpul brondolan sawit di Kuala Batee, kepada antarannews.com, Jumat (24/06/2022) siang mengakui bahwa harga brondolan anjlok sampai 15 persen.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Jaya Jalin Kerjasama Dengan IPB

Menurutnya, sebenarnya awal pekan ini harga brondolan di tingkat petani sempat berada pada posisi Rp 2.500/kg. “Harga itu sempat bertahan dua hari, kemudian bergerak turun secara beruntun, hingga hari ini berada di level Rp 1.700/kg,” ungkapnya.

Turunnya harga brondolan ini, katanya, sangat erat kaitan dengan pergerakan harga TBS kelapa sawit. “Kalau harga TBS turun, sudah pasti harga brondolan akan juga turun,” katanya.

Baca Juga:  Jalin Kemitraan, Tim Advokat Law Firm Maman Supriadi Kunjungi Kantor DP3AKB Aceh Selatan

Ketika ditanyai apakah harga brondolan akan bertahan, pihaknya tidak bisa memastikan. “Karena semuanya sangat tergantung pada posisi harga TBS. Kalau harga TBS bertahan kemungkinan harga brondolan akan bertahan,” jawabnya.

Hampir semua brondolan sawit produksi petani Abdya dipasok ke Medan, Sumatera Utara. Karena sampai sejauh ini, Abdya maupun kabupaten tetangga belum memiliki pabrik pengolahan brondolan sawit untuk dijadikan cruse palm oil/CPO.(*)

Baca Juga:  Sepanjang Tahun 2023, BPBK Abdya Tanggulangi Puluhan Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.