Jokowi Reshuffle Kabinet Siang Ini, Empat Menteri Dikabarkan Terdepak

Foto ilustrasi diambil dari Kuyou.
Bagikan:

Pengumuman dan pelantikan kabinet hasil reshuffel tesebut, akan berlangsung di Istana Negara. Namun, sejauh ini belum ada keterangan pasti berapa menteri yang akan diganti atau siapa saja yang akan dirotasi.

ANTARANNEWS.COM,JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan reshuffel Kabinet Indonesia Maju, Rabu (15/6/2022) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Pengumuman dan pelantikan kabinet hasil reshuffel tesebut, akan berlangsung di Istana Negara. Namun, sejauh ini belum ada keterangan pasti berapa menteri yang akan diganti atau siapa saja yang akan dirotasi.

Sebuah informasi yang sempat beredar di media sosial dan diikuti antarannews.com, menyebutkan, ada empat nama menteri yang akan terdepak dari kabinet.

Namun, belakangan menyebutkan hanya dua menteri yang diganti Presiden Jokowi dalam reshuffle siang nanti.

Baca Juga:  152 Keuchik Definitif di Abdya Resmi Dilantik

Adapun empat nama menteri yang tidak berada lagi dalam Kabinet Indonesia Maju itu meliputi, Airlangga Hartorto (Menko Perekonomian) yang kini menjabat Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar,

Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup) tercatat kader Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) tercatat sebagai Kader Partai Nasdem dan Sofyan Djalil (Menteri ART/BPN) putra Aceh.

Namun, belakangan beredar lagi kabar bahwa, Presiden Jokowi hanya mengantikan dua menteri dalam reshuffel kabinet kali ini. Dua menteri yang diganti itu adalah, Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) dan Sofyan Djalil (Menteri ART/BPN).

Posisi Menteri Perdagangan yang tinggalkan Muhammad Lutfi akan diisi Zulkifli Hasan yang kini tercatat sebagai Ketum Partai Amanat Nasional (PAN), kemudian jabatan Menteri ART/BPN yang ditinggalkan Sofyan Djalil yang merupakan putra Aceh itu, akan dipercayakan kepada mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga:  13 Negara Ikut Berkontribusi Dalam Seminar Internasional

Disebut-sebut, Presiden juga akan melantik tiga wakil menteri siang nanti. Namun, siapa-siapa nama wakil menteri yang akan dilantik belum mendapat bocoran.

Berdasarkan, kabar awal yang beredar menyebutkan, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartato akan digantikan Luhut Binsar Panjaitan yang kini menjabat Menteri Koordinantor Maritim dan Investasi (Menko Merinves) juga tercatat sebagai kader Pantai Golkar.

Posisi Menko Marinves yang dtinggalkan Luhut Binsar Panjaitan akan diisi Eric Thohir yang kini menjabat Menteri BUMN. Untuk posisi Menteri BUMN akan percayakan pada Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat Menteri Kesehatan (Menkes).

Lalu, posisi Menkes akan diisi Abdul Kahir yang merupakan wajah baru dalam kabinet.

Baca Juga:  KIP Abdya Lantik 45 Anggota PPK

Siti Nurbaya yang kini menjabat sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup merupakan kader Partai Nasdem juga akan diganti dengan Zulkifli Hasan kini tercatat sebagai Ketum PAN.

Kemudian kader Partai Nasdem yang lain ikut terdepak dari posisi Kabinet Indonesai Maju yaitu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo digantikan dengan Jenderal (Purn) Moeldoko yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

Untuk posisi KSP yang ditinggalkan Moerdoko akan dipercayakan pada mantan Panglima TNI, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Untuk kepastrian siapa saja yang akan ganti atau masuk dalam Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle akan ditentukan sekitar pukul 14.00 WIB nanti. Karena, Presiden Jokowi akan mengumumkan dan melantik menteri di Istana Negara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.