PPS Se-Blangpidie Serentak Lakukan Pleno Terbuka Hasil Perbaikan DPS Tingkat Desa

Ketua PPS Desa Kuta Tinggi (baju batik) saat bersua foto usai rapat pleno terbuka. Foto: Antaran / Syamsurizal.
Bagikan:

“Hari ini serentak setiap PPS di Kecamatan Blangpidie melakukan pleno. Kita di Desa Kuta Tinggi mengambil jadwal sore, ada yang sudah selesai seperti di Desa Mata Ie, Babah Lueng dan beberapa desa lainnya,” kata Bahtiar. 

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Panitia Pemungutan Suara (PPS) se – Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (8/5/2023) hari ini serentak melakukan rapat Pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan DPS tingkat desa.

Pleno ini dilakukan oleh Ketua, anggota dan sekretariat PPS di desa masing-masing dengan turut mengundang pihak partai politik tingkat desa, aparatur desa dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Ini 15 Nama Calon Anggota KIP Abdya Yang Lulus Psikotes dan Tes Wawancara 

Ketua PPS Desa Kuta Tinggi, Bahtiar mengatakan, sesuai arahan dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) bahwa jadwal pleno terbuka untuk Kecamatan Blangpidie dilakukan serentak pada hari Senin.

“Hari ini serentak setiap PPS di Kecamatan Blangpidie melakukan pleno. Kita di Desa Kuta Tinggi mengambil jadwal sore, ada yang sudah selesai seperti di Desa Mata Ie, Babah Lueng dan beberapa desa lainnya,” kata Bahtiar, Senin (8/5/2023).

Dia menjelaskan, Pleno ini adalah hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat desa yang sudah ditempel sebelumnya oleh PPS di setiap desa.

Baca Juga:  Warga Pesimis Dengan Pemko Soal PDAM Subulussalam

Katanya, Pleno ini adalah hasil perbaikan DPS yang sudah ditempel di tempat terbuka sebelumnya. Perbaikan yang dimaksud adalah, pasca DPS hasil Coklit Pantarlih ini ditempel ada warga yang pindah atau masuk, bahkan meninggal.

“Pasca DPS itu ditempel tentu besar kemungkinan ada perubahan data lagi, contoh ada yang meninggal dan pindah domisili, sehingga terjadi perubahan data lagi, nah data baru itulah yang di Pleno,” ucapnya.

Katanya, ke depan juga akan ada pleno lagi. Artinya, ini bukan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena proses perbaikan akan terus terjadi hingga mendekati pemilu di tahun depan.

Baca Juga:  Pergantian Pejabat Polres Simeulue, Kapolres Pimpin Sertijab 2 Kasat, 2 Kapolsek dan Kasie Propam

“Nanti ada lagi pleno hasil perbaikan. Ini bukan pleno terakhir, jadi perbaikan data akan terus dilakukan sampai nanti ditugaskan oleh PPK untuk melakukan Pleno terbuka DPT,” sebutnya.

Terakhir dia mengimbau masyarakat Desa Kuta Tinggi dan seluruh desa di Kecamatan Blangpidie untuk segera melihat data diri di DPS yang ditempel oleh PPS masing-masing desa, andai tidak terdaftar segera melapor ke PPS untuk dimasukkan ke DPS.

“Kita imbau warga untuk melihat DPS. Ini penting, karena jika tidak terdaftar bisa langsung di masukkan oleh PPS,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.