Karena Dianggap Sepele, Orang Jumawa Sering Jatuh Pada Kerikil Kecil 

Ilustrasi Jumawa. ANTARAN/sumber Facebook.
Bagikan:

“Lumrah dan biasa terjadi, orang angkuh, sombong, egois dan congkak sering jatuh pada kerikil kecil akibat dinilai sepele. Dia menganggap diri terlalu hebat diatas segala-galanya,” kata Pak Tua.

Penulis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Motto hidup, hargailah orang lain agar kita dihargai. Besarkanlah orang lain agar derajat kita turut terangkat jadi besar. Jangan terlalu banyak mencari permusuhan karena akan membuat penggerakan dan kesuksesan kita menjadi sempit dan sulit.

Baca Juga:  774 Siswa Bersaing Diajang ISSAC II MTsN 4 Abdya

Ungkapan bernada petuah dan pesan moral tersebut disampaikan Pak Tua kepada antaran saat duduk bareng sembari menanti tibanya saat berbuka puasa, Rabu (27/3/2024).

Pak Tua yang namanya tidak mau dipublikasi menuturkan, orang berprilaku sombong, angkuh, congkak, egois dan menganggap dia segala-galanya (jumawa) sering menemui kegagalan disebabkan hal-hal kecil yang dianggap sepele.

“Dalam kehidupan sehari-sehari orang bersifat jumawa sering menemui kegagalan lantaran terlalu meremehkan orang lain. Bila berteman sering tidak betah karena memiliki sikap kasar dan menciptakan permusuhan serta nyaris menuai polemik,” papar Pak Tua.

Baca Juga:  Dr Ishak Hasan Terpilih Jadi Rektor UTU

Dalam bertutur kata atau berdialog, sensasinya lebih mengarah kepada emosional yang membuat orang tersinggung. Seolah-olah dialah orang terhebat di segala-galanya serta suka menjengkali orang lain yang belum diketahui sepak terjangnya.

Mumpung bulan suci Ramadhan ini, lanjutnya, mari kita introspeksi diri agar tidak terjerumus ke dalam golongan orang-orang yang merugi. Sadarlah bahwa, dalam hidup ini masih banyak orang lain yang lebih pintar dan lebih mampu dari kita.

Baca Juga:  Pacuan Kuda di Buntul Nege Kembali Digelar, 84 Kuda Merebut Piala Bupati Gayo Lues 

“Ciptakan hari-hari kita dengan nilai-nilai kesantunan, sabar, taqwa dan rendah hati. Niscaya kita akan mendapat kawan lebih banyak, baik di lingkungan pekerjaan, masyarakat dan segala sektor. Egoisme akan membuatmu jatuh pada suatu ketika,” tutup Pak Tua.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.